Masalah dan Risiko Yang Wajib Ditanggung Seorang Teknisi HP

Komputerdia Lite - Membuka usaha jasa reparasi ponsel atau tepatnya menjadi teknisi service hp, bukan hanya dilihat dari seberapa untung yang bisa didapatkan dan seberapa mahirnya tingkat penguasaan kalian di bidang service hp ini. Namun ada dua hal mendasar yang patut kalian utamakan bahkan harus kalian pelahari terlebih dahulu sebelum menentukan jumlah besarnya income yang akan didapatkan.

Kedua hal penting tersebut tidak lain adalah masalah serta resiko yang akan dihadapi oleh seorang teknisi hp. Jika dilihat dari fokus dasar utamanya, sudah pasti bahwa disetiap jenis usaha apapun akan selalu ada resiko serta masalah yang akan datang, namun di kesempatan ini kita akan berfokus pada ruang lingkup service hp.

Untuk memulai analisa ini, saya akan membuka topik pembahasan mulai dari sisi pengalaman yang sebelumnya sudah saya rasakan sebagai teknisi hp. Menurut kaca mata saya pribadi untuk menjadi seorang teknisi hp di era sekarang bukan lagi menjadi perkara sulit, karena dengan bekal kemauan serta ketekunan saja kita sudah bisa memahami setidaknya langkah dasar yang harus dikuasi sebagai teknisi hp dengan cara mempelajari beberapa ilmu yang di share oleh beberapa teknisi hp handal pada media youtube atau artikel yang di post via blog.

Namun dari semua kemudahan tersebut, tentunya kalian harus berani untuk memulai sebuah praktek terkait ilmu yang kalian dapatkan tersebut. Jika mengikuti pengalaman yang sudah saya lalui sebelum saya terjun ke halayak umum dengan predikat sebagai tukang service hp, sebelumnya saya sering melakukan latihan praktik dengan cara membeli mesin-mesin yang mengalami kerusakan agar saya bisa mengukur kemampuan tangkap saya pribadi terhadap materi yang didapatkan.

Jika merasa kemampuan yang sudah kalian kuasai tersebut sudah layak untuk masuk ke ranah umum, saran saya pribadi segeralah kalian untuk melakukan optimasi usaha tersebut dengan cara menawarkan jasa ke beberapa orang terdekat seperti keluarga, kolega atau teman yang sedang mengalami permasalahan pada perangkat ponselnya. Disaat kalian sudah mendapatkan target, lakukan pekerjaan tersebut dengan sungguh-sungguh sampai kalian bisa menemukan serta memecahkan masalah tersebut bagaimanapun caranya agar bisa mendapatkan hasil serta kesan baik atas jasa pertama yang kalian berikan kepada orang lain, dan cara ini perlu kalian lakukan secara continue sampai kalian menemukan passion serta ciri khas dalam setiap melakukan pekerjaan sehingga konsumen akan merasa puas dengan jasa yang kita berikan

Apabila cara diatas telah bisa dilakukan dengan hasil yang baik, langkah selanjutnya adalah tahap lanjutan yang akan menentukan karir serta branding kaian di dunia service hp yakni melakukan pembukaan jasa service hp secara umum yang artinya kalian harus sudah berani membuka diri untuk halayak umum terkait jasa yang dikuasai, baik itu dikerjakan di rumah (home service) ataupun di tempat usaha (workshop)

Namun jika kalian sudah siap untuk membuka jasa service hp kepada konsumen secara global, ada beberapa patokan dasar terkait usaha jasa reparasi hp yang menurut saya wajib kalian perhitungkan yakni terkait resiko dan masalah yang akan di tanggung oleh seorang teknisi hp, dan berikut ini adalah penjelasannya

Masalah dan Resiko Teknisi HP

Masalah dan Resiko Yang Wajib Ditanggung Seorang Teknisi HP

1. Bekerja Dengan Teliti

Menjadi seorang teknisi hp bukan hanya sebatas kecepatan pengerjaan yang bisa ditunggu atau kemampuan yang dimiliki saja, namun ketepatan pengerjaan pun harus menjadi tolak ukuran dasar seorang teknisi ponsel. Dalam situasi ini ketika kalian sedang menggarap suatu kasus kerusakan hp, alangkah baiknya kalian lakukan penganalisaan secara mendetail dan terurut sesuai dengan kerusakan yang dialami ponsel tersebut, karena jika salah ekseskusi sudah pasti kalian akan menimbulkan kerusakan lainnya yang tentu akan merugikan diri sendiri. Baca juga artikel mengatasi kamera lainnya rusak dan kamera tidak dapat beralih Vivo Y91, Y91C, Y93 dan Y95

Contohnya seperti ketika ponsel yang kalian tangani mengalami kasus signal lemah (hanya darurat saja), untuk mengalami kasus seperti ini kalian jangan langsung memponis kerusakan pada ic wtr atau ic rf namun kalian lakukan terlebih dahulu pengecekan pada kabel antena, karena jika dilihat secara dasar dari struktur kerja ponsel, keruskan seperti ini mempunyai beberapa opsi perbaikan seperti kerusakan antena, kerusakan software dan kerusakan ic. Maka dari itu,kalian usakakan dalam setiap melakukan pengerjaan service hp selalu kerjakan dengan penuh ketelitian agar tidak menyebabkan kerugian secara finansial

2. Jangan Asal Eksekusi

Poin kedua ini sangat berkaitan erat dengan poin nomor satu, dimana ketika kalian mengerjakan suatu masalah kerusakan hp maka kalian lakukan pemeriksaan secara benar dan jangan terburu-buru. Karena jika kalian salah eksekusi, besar kemungkinan hp tersebut akan mengalami kerusakan yang lebih parah dar sebelumnya dan jika sudah terlanjur kalian eksekusi maka kalian harus menanggung resiko tersebut dengan suatu penyelesaian lainnya, seperti mengganti unit atau meminta waktu tambahan untuk menyelesaikan kasus tersebut. Maka dari itu, agar tidak terjadi kesalahan alur seperti ini kalian harus benar-benar melakkan pekerjaan ini dengan pemahaman serta ketelitian yang seimbang.

3. Tanggung Jawab

Poin selanjutnya yang harus kalian pegang teguh adalah masalah tanggung jawab, untuk menyikapi hal ini tentunya sebagai seorang teknisi hp kalian harus mempunyai pendirian yang kuat dalam memutuskan suatu permasalahan dan setiap keputusan yang kalian ambil tersebut harus bisa dipertanggung jawabkan karena hal ini menyangkut suatu kepercayaan yang diberikan konsumen kepada kita.

Hal lain yang sangat penting kalian junjung tinggi adalah sifat legowo, karena dalam kenyataannya kalian akan banyak menghadapi tuntutan serta komplain dari konsumen. Untuk mengatasi hal semacam ini kalian sebagai teknisi harus bisa memberikan penjelasan yang logis kepada para konsumen terhadap komplain yang diajukan mereka, karena tidak semua komplain yang diajukan konsumen tersebut harus kita tanggung. Maka dari itu kita wajib memahami pemahaman materi dengan benar serta kita wajib menguasai pengolahan tata bahasa yang benar yang akan disampaikan kepada konsumen agar tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Ganti Rugi

Istilah ganti rugi tentunya sudah menjadi hal biasa yang dialami oleh setiap pelaku usaha tak terkecuali oleh seorang teknisi hp. Ibarat sebuah patokan kalian pasti akan mengalamai hal ini, karena tidak semua masalah kerusakan hp akan mampu kita tangani dengan mudah dan sudah pasti juga kita akan mengalami yang namanya kesalahan pengerjaan dalam dunia service hp. Baca juga artikel mengenal dasar jenis-jenis short atau konslet pada service HP untuk pemula

Hal ini tentunya akan menjadi bumerang untuk kita sendiri, pasalanya jika dilihat secara teknis kita akan mengalami kerugian secara finansial. Jika kalian dalam posisi seperti ini, alangkah baiknya kalian harus sudah siap menerima segala bentuk tanggung jawab tersebut dan hal umum yang biasa dilakukan oleh teknisi hp untuk mengatasi kasus seperti ini adalah dengan cara mengganti unit baru atau mengganti dengan uang kepada konsumen.

5. Cancel dan Rapikan

Sebagai teknisi hp professional kalian jangan malu mengakui kekurangan serta keterbatasan kemampuan yang kita miliki, ha ini tentunya akan berpengaruh terhadap etos kerja serta kualitas pelayanan yang kalian berikan. Jika kalian mengalami kesulitan atau kebuntuan dalam mlakukan perbaikan, alangkah baiknya kalian wajib mencari tahu terlebih dahulu masalah tersebut kepada rekan kalian sesama teknisi hp atau mencari pemecahan masalah dari berbagai macam tutorial yang teah di share di media sosial.

Jika semua penanganan serta upaya telah kalian lakukan, namun tidak menemukan hasil sebaiknya kaian lakukan konfirmasi kepada konsumen untuk melakukan cancel pada unit tersebut. Dalam hal ini, kalian jangan sekali-kali menimbun atau menumpuk suatu pekerjaan yang menurut kita tidak akan mampu dikerjakan, karena hal ini akan menjadi bom waktu yang akan meledak pada waktunya dan hal ini akan menjadi beban tersendiri bagi para teknisi ponsel, karena selalu ditagih pekerjaan oleh konsumen.

Hindari hal seperti ini, lebih baik ketika mengalami masalah kebuntuan dalam service hp kalian langsung cancel, rapikan dan kembalikan kepada pemilik ponsel tersebut dengan memberikan beberapa penjelasan sehingga konsumen mengerti akan kerusakan ponselnya tersebut. Dengan menerapkan cara ini, dapat dipastikan kalian akan sangat tenang dalam melakukan setiap pekerjaan dan tentunya nama kalian akan selalu bersih dimata umu terutama dimata konsumen.

Mungkin hanya poin-poin itulah yang bisa saya berikan kepada kalian pada kesempatan kali ini, semoga kalian dapat memahami serta bisa mengambil manfaat dari apa yang telah saya sampaikan. Jika ada yang yang akan ditanyakan silahkan kalian hubuungi saya memalui halaman kontak yang sudah saya sediakan, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel