Mengenal Dasar Jenis-Jenis Short atau Konslet Pada Service HP Untuk Pemula

Komputerdia Lite - Bagi seorang teknisi ponsel istilah short mungkin sudah menjadi suatu kata yang wajib terucap saat diatas meja service, bahkan kata tersebut bisa terucap sebanyak puluhan kali dalam sehari. Untuk kalian yang baru mengenal dunia service hp atau tepatnya baru belajar menjadi teknisi hp, short merupakan kata lain dari konslet, namun istilah kata short telah menjadi trend bahasa yang sudah melekat pada seorang teknisi ponsel.

Sesuai dengan pembukaan diatas, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan jenis-jenis konslet (short) pada servis hp yang wajib diketahui serta dipahami oleh teknisi hp, dan artikel ini saya tujukan untuk teknisi hp yang masih pemula. Dalam artikel ini saya tidak bermaksud untuk menggurui kalian semua, namun saya hanya mencoba berbagi sedikit pengalaman serta pemahaman yang yang saya miliki.

Secara singkat short atau konslet adalah suatu hubungan arus pendek yang menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik dengan ukuran tahanan listrik yang berkapasitas kecil, jika kita terapkan pada pemahaman service hp maka short merupakan sebuah kerusakan yang terjadi pada komponen hp sehingga mengakibatkan hp mati total atau mengalami gangguan yang bersifat continue seperti panas, hp sering restart dan lain sebagainya.

Jenis konslet hp yang akan saya jelaskan merupakan hasil riset yang saya lakukan pada beberapa jenis mesin smartphone dengan bantuan power supply (psu) dengan tegangan standar pada psu sebesar 4 s.d 4,5 volt. Menurut ilmu yang saya dapatkan sampai saat ini besar tegangan power supply untuk melakukan pengukuran pada kondisi mesin hp yakni sebesar 4 volt atau 4,5 volt, untuk tegangan yang melebihi dari aturan baku tersebut saya belum pernah lakukan kecuali untuk keperluan lainnya jika diperlukan, seperti kepeluan penyuntikkan tegangan untuk mengetahui komponen yang benar-benar mengalami kerusakan dan hal ini dilakukan ketika kita bimbang akan mengeksekusi komponen yang mana sedangkan komponen lainnya mempunyai jalur yang sama.

Jenis - Jenis Konslet Service HP

Perlu diketahui sebelumnya bahwa penganalisaan knslet hp yang saya lakukan pada tutorial ini adalah dengan menggunakan banyuan power supply (psu) dan tegangan volt yang saya gunakan adalah 4,5 volt, namun kalian juga bisa menggunakan tegangan 4volt

Mengenal 14 dasar Jenis-jenis Short atau Konslet Pada Service HP Untuk Pemula yang wajib diketahui

1. Konslet Sebelum Power ON

Jenis konslet yang pertama adalah short sebelum power on, maksud konslet ini adalah ketika kalian menyambungkan kabel power supply ke kutub negatif serta kutub positif konektor baterai maka secara otomatis jarum ampere pada power supply akan naik dengan sendirinya dan nilai ampere yang ditunjukkan biasanya berada di tegangan 2 s/d 3 ampere. Untuk jenis konslet ini biasanya terjadi kerusakan pada komponen yang langsung terhubung dengan arus baterai seperti ic pa, ic power, ic cas atau bisa juga karena adanya kapasitor yang mengalami short. Baca juga penjelasan dan pengertian lengkap short before power (konslet sebelum tekan tombol power)

2. Konslet Setelah Power ON

Konslet ini biasanya terjadi setelah kita menekan tombol power dengan kondisi kabel power supply telah di tancapkan pada kutub negatif serta positif konektor baterai. Kemudian untuk nilai ampere yang dihasilkan jenis konslet ini maka jarum ampere akan menunjukkan nilai tinggi langsung ke angka 6 ampere atau 5 ampere dan kondisi ponsel akan terasa sangat panas. Sementara itu untuk kerusakan konslet jenis ini biasanya terjadi pada komponen atau ic yang langsung mendapat suplai arus dari ic power. Baca juga artikel pengertian dan penjelasan lengkap short after power (konslet setelah menekan tombol power)

3. Konslet Komponen

Konslet jenis ketiga ini biasanya terjadi akibat terjadinya kerusakan pada sebuah komponen, dan untuk konslet seperti ini biasanya kerusakan terjadi pada kapasitor atau dioda dan ciri-ciri kerusakan ini biasanya komponen akan terasa sangat panas ketika power di tekan

4. Konslet Jalur

Untuk konslet seperti ini memang jarang sekali terjadi pada perangkat ponsel, dan contoh kecil pada kerusakan jenis ini adalah konslet jalur cas. Ingat konslet jalur terjadi bukan karena konslet komponen melainkan jalurnya dan biasanya konslet jalur cas terletak di dekat komponen konektor usb.

5. Konslet Baterai

Konslet ini sangat sering terjadi pada perangkat ponsel saat ini, biasanya kerusakan ini selalu ditandai dengan panasnya baterai yang digunakan pada hp tersebut dan ciri lainnya ketika mengalami konslet baterai, suhu ponsel akan terasa sangat panas secara menyeluruh serta bisa dilihat dari fisik baterai tersebut. Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, bagi kalian yang ingin mengetahui dasar service hp kaian dapat membacanya di artikel persiapan dasar belajar menjadi teknisi hp(Service HP) 

6. Konslet Komponen Aktif

Komponen aktif yang dimaksud disini adalah suatu komponen yang hanya dapat bekerja ketika ponsel dalam keadaan menyala (kondisi on) atau komponen yang aktif ketika teraliri suatu arus listrik. Contoh dari komponen aktif adalah transistor, dioda dan ic.

Contoh konslet komponen aktif yaitu misalnya ketika kalian sedang melakukan aktivitas ponsel terasa normal sebelum menyalakan suara (speaker), namun ketika kalian melakukan panggilan telepon atau mendengarkan musik secara tiba-tiba ponsel terasa sangat panas atau ponsel melakukan restart dengan sendirinya, maka gejala seperti ini bisa dikatakan short komponen aktif karena kemungkinan speaker pada perangkat ponsel kalian mengalami kerusakan.

7. Konslet Komponen Pasif

Komponen pasif adalah komponen hp yang dapat bekerja walaupun kondisi ponsel tidak dalam keadaan menyala. Contoh untuk komponen pasif adalah kapasitor, resistor, dan koil, dan contoh untuk konslet ini sering ditandai dengan matinya perangkat ponsel serta ketika kalian coba melakukan pengetesan menggunakan power supply maka jarum ampere akan menunjukan nilai yang langsung tinggi kemudian mental kembali ke nilai 0 (nol)

8. Konslet Seri

Konslet ini merupakan suatu konslet hp yang bisa dibilang cukup unik, karena jenis konslet ini pada umumnya tidak bisa dilakukan pendeteksian menggunakan power supply, hal ini disebabkan komponen yang mengalami kerusakan dipasang secara seri. Contoh kecilnya adalah kerusakan komponen pada microphone, maka cara yang bisa kalian lakukan untuk pendeteksian adalah dengan menggunakan avo meter atau multitester, kemudian jika komponen yang bermasalah sudah kalian temukan maka opsi yang bisa diambil adalah membuang atau mengganti kapasitor tersebut.

9. Konslet Paralel

Jenis konslet ini merupakan kebalikan dari konslet seri, karena komponen yang dipasang menggunakan jenis paralel. Konslet jensi ini juga sering terjadi pada komponen seperti kapasitor, namun untuk konslet paralel kaian bisa menggunakan pendeteksian menggunakan power supply.

10. Konslet Komponen Penerima

Konslet penerima sering terjadi pada suatu komponen yang berfungsi untuk menerima arus tegangan dari komponen lainnya, contohnya seperti kerusakan pada ic RF. Kenapa ic rf disebut sebagai komponen penerima, karena jika dilihat sistematika kerjanya ic rf selalu menerima arus tegangan dari ic power. Untuk mengganti kerusakan seperti ini, kalian wajib melakukan penggantian komponen tersebut karena komonen ini selalu berbentuk ic

11. Konslet Komponen Penghasil

Untuk konslet komponen penghasil merupakan kebalikan dari komponen penerima, dimana komponen penghasil merupakan suatu komponen yang terpasang pada perangkat ponsel yang berfungsi sebagai pemberi arus tegangan dan komponen tersebut seperti IC Power. Jika terjadi kerusakan pada komponen penghasil maka kalian harus mengganti komponen tersebut.

12. Konslet atau Short Kecil

Bagi para teknisi hp tentu sudah tidak aneh lagi dengan penyakit yang satu ini, dimana konslet kecil merupakan kerusakan yang cukup rumit untuk dilakkan pendeteksian dan jika dilakukan pengukuran menggunakan power supply maka nilai ampere yang dihasilkan selalu berada di bawah 2 ampere. Untuk kerusakan jenis seperti ini biasanya sering terjadi pada ic power, ic emmc atau ic cpu.

13. Konslet atau Short Besar (full short)

Konslet besar atau full short bisa dikategorikan kerusakan yang cukup membahagiakan untuk para teknisi ponsel, dimana kasus full short ini jika dilakukan pengecekan dengan power supply maka nilai ampere akan selalu menunjukkan angka paling tertinggi kemudian mental kembali ke nilai 0 (nol), dan untuk mengatasi konslet seperti ini kalian cukup menggunakan MBR atau menyuntikkan tegangan pada rangkaian mesin hp maka secara langsung komponen yang bermasalah akan meletus atau terbakar.

14. Konslet Software

Sebenarnya bahasa yang cocok untuk konslet software ini banyak sekali jenisnya, seperti hang, bootloop atau kerusakan sistem yang mengakibatkan aplikasi menjadi crash (force close). Untuk memperbaiki masalah ini kalian bisa melakukan flashing menggunakan tools serta firmware yang cocok untuk tipe hp tersebut, untuk penjelasan lanjutan mengenai software kalian bisa membaca pada artikel perlengkapan alat Software yang dibutuhkan teknisi ponsel 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel