Cara Menggunakan Socket UFS/Emmc BGA 254 Easy Jtag Plus di Ufi Box

Komputerdia Lite - Kenapa ada artikel cara menggunakan socket ufs/emmc bga 254 easy jtag plus untuk ufi box? bukankah ufi box sudah support ufs? Dari kedua pertanyaan diatas saya mendapatkan satu jawaban yang relevan, dimana untuk saat ini (mei 2021) ufi box memang sudah mensupport penggunaan socket ufs/emmc bga 254, namun support tersebut baru rilis untuk versi aplikasinya saja sedangkan untuk hardware pendukungnya ufi box sendiri belum merilisnya. Jadi untuk bisa menggunakan socket ufs/emmc bga 254 di perangkat ufi box kita membutuhkan perangkat tambahan yakni socket dari easy jtag yang dilengkapi dengan easy plus adapter converter.

Sedikit meluruskan terkait materi yang akan saya bahas, jadi isi utama dari artikel ini saya hanya mengambil sebagian fungsi dari socket ufs/emmc 254 easy jtag plus ini yakni mengambil fungsi emmc bga 254-nya saja, karena untuk fungsi ufs pada suatu box dapat digunakan jika tidak memakai adapter converter. Sampai tahap ini mungkin kalian sudah paham terkait isi artikel yang saya buat, untuk mempersingkat waktu silahkan kalian simak penjelasan dibawah ini.

Adapter converter easy plus merupakan salah satu alat pendukung software yang difungsikan untuk merubah fungsi socket ufs/emmc bga 254 easy jtag plus agar dapat digunakan pada perangkat ufi box. Kehadiran alat ini tentunya sangat membantu teknisi hp yang sudah mempunyai ufi box dan ingin merasakan fitur socket emmc bga 254, jadi dengan adanya alat ini kalian sudah dapat merasakan fitur tersebut. Namun kekurangan converter ini hanya bisa mengambil fitur emmc bga 254-nya saja dan untuk fitur pembacaan ufs nya belum bisa didukung.

Socket UFS/Emmc BGA 254 Ufi Box

Agar bisa menggunakan cara ini pastikan kalian sudah memiliki adapter easy plus converter dan socket BGA emmc ufs 254 easy jtag. Jika kedua bahan tersebut sudah kalian siapkan, langkah selanjutnya kalian hanya perlu memasang atau menyambungkan kedua bahan tersebut pada perangkat ufi box kemudian koneksikan pada komputer menggunakan kabel data ufi box, dan berikut ini adalah gambar jika semua alat sudah kalian rangkai

Cara Mengunakan Socket UFS, Emmc BGA 254 Easy Jtag Plus di Ufi Box

Untuk kalian yang belum membaca artikel sebelumnya silahkan lihat di artikel mengatasi usb device not recognized pada ufi box. Kita kembali ke materi pembahasan, jika semua rangkaian telah terdeteksi di komputer, selanjutnya kalian buka aplikasi ufi box untuk sektor eMMC Toolbox kemudian lakukan pengetesan dengan cara klik menu identify emmc dan tunggu beberapa saat sampai kalian lihat log informasi.

Jika hasil informasi dari proses identify sudah keluar, kalian lihat log tersebut pada bagian Bus: 1 bit (SDR 52MHz), seharusnya nilai standar yang masuk pada baris tersebut adalah 8 bit. Untuk mensiasati nilai bit tersebut, kalian pergi ke menu bus width dan ubah setelan auto menjadi 8 bit kemudian klik kembali tombol identify emmc dan tunggu hasinya pada log informasi. Jika kalian kurang memahami penjelasan pada artikel ini, saya mempunyai salah satu referensi video youtube yang membahas masalah ini dan jika ingin melihatnya kalian kunjungi link https://www.youtube.com/watch?v=fkING-NiPpY.

Sampai tahap ini pengerjaan convert socket bga ufs/emmc 254 telah berhasil kalian buat dan langkah selanjutnya silahkan kalian coba fitur bga emmc 254 pada ufi box. Untuk informasi tambahan, harga untuk membeli adapter converter easy plus kalian hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 80.000. Harus kalian ingat jika harga tersebut hanyalah harga adapter converter nya saja, bukan harga socket bga ufs/emmc 254 easy jtag-nya.

Ufi Box Rilis Socket/Kit UFS

Untuk informasi kepastian kapan pihak ufi box akan merilis socket atau kit ufi ufs sampai saat ini masih jadi rahasia perusahaan, entah masih dalam proses pengembangan atau sudah masuk tahap penyempurnaan. Sebagai user ufi box kita masih berharap dengan rilisnya kit ufi ufs tersebut, namun menurut informasi yang diberikan ufi bahwa kit ini akan rilis di tahun 2021.

Untuk acuan awal, kenyataan yang terjadi saat ini pihak ufi box setidaknya telah merealisasikan wacana tersebut dengan merilis software ufi ufs meskipun kit/socket ufs nya belum dirilis atau dipasarkan. Terkait harga yang akan dibandrol pada kit ufi ini pihak ufi box telah mengeluarkan prediksi harga yang mana kit ufi ufs ini akan dibandrol dengan harga antara 2juta s/d 2,5juta.

Untuk kalian yang akan melakukan pemesanan alat kit/socket ufi ufs, saat ini pihak ufi box telah mengeluarkan list beanja dengan sistem preorder kurang lebih selama 200 hari dan pada paket ufi ufs tersebut kalian akan mendapatkan 1 set Upgrade Kit UFI UFS dan 1 set Socket UFS UFI, setahu saya pribadi baru informasi tersebut yang disampaikan oleh pihak ufi box.

Untuk opsi penggunaan socket ufs laiinya yang bisa kalian gunakan sebelum ufi box merilis kit ini, kalian bisa menggunakan alternatif yang saya berikan diatas atau bisa menggunakan box lain seperti easy jtag plus, icfriend 2 in 1 atau bisa menggunakan icfriend 3 in 1. Untuk keadaan saat ini kita sebagai pengguna ufi terutama saya pribadi sangat mengerti dengan kondisi yang dialami pihak ufi box yang semakin hari semakin banyak permintaan dari para usernya, tentu hal ini akan menjadi suatu PR yang sangat berat untuk ufi box. Mungkin karena hal ini ufi box menunda rilis kit ini, karena mereka ingin lebih fokus melakukan penyempurnaan terlebih dahulu agar ketika dirilis ufi ufs tidak memiliki problem saat digunakan user.

Kesimpulan akhir dari semua pendapat yang saya tuliskan diatas, kita sebagai pengguna layanan ufi box hanya perlu bersabar untuk menungu rilisnya kit ufi ufs ini, namun disisi lain dengan lamanya rilis alat ini saya cukup yakin sekali dengan pihak ufi box yang akan memberikan fitur lebih pada produk terbarunya tersebut. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga apa yang saya jelaskan dapat membantu kalian serta artikel ini dapat bermanfaat untuk semuanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel