Analisa dan Mengatasi Tablet Mito T720 Mati Total Tidak Bisa di Cas (Charger)

Komputerdia Lite - Dalam kasus kali ini saya mendapat satu unit tablet Mito dengan tipe T720 , menurut keterangan yang disampaikan oleh pemilik tablet, tablet ini sudah tidak bisa digunakan lagi bahkan sudah tidak bisa dicas setelah seharian digunakan. Untuk kalian yang sudah terbiasa mengatasi kasus tablet seperti ini besar kemungkinan sudah bisa menebak dibagian mana atau komponen apa yang mengalami kerusakan.

Untuk sekedar informasi, tablet mito T720 ini dirilis sekitar tahun 2012/2013, namun jika kita lakukan komparasi fungsionalnya di tahun ini, menurut saya pribadi tablet ini kurang begitu menjajikan mengingat sudah banyaknya perangkat lunak pendukung yang sudah tidak mensupport tablet tipe ini. Perlu kalian ketahui bahwa tablet mito T720 ini hanya dibekali dengan spesifikasi OS Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich, Prosesor Dual Core 1 GHz, RAM 512 MB, serta ukuran layar 7 inch.

Namun dari beberapa part yang yang menjadi pembebda dari tablet ini adalah jenis baterai yang masih menggunakan baterai removable (bisa di copot langsung), artinya baterai ini tidak menggunakan socket atau solder seperti pada jenis baterai tablet lainnya. Kembali pada pembahasan awal, pada tutorial ini saya lebih menekankan kepada para teknisi atau tuser pemula yang masih dalam tahap penyesuaian/pembelajaran dan untuk kalian yang sudah memahami cara ini bisa skip ke tutorial lanjutan yang terdapat didalam blog ini.

Mengatasi Tablet Mito T720 Mati Total Tidak Bisa Cas

Cara penanganan pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui mesin tablet ini masih hidup atau sudah mati adalah dengan cara melakuakn pengecekkan dengan menggunakan power supply (PSU), dengan cara ini kalian akan langsung bisa mengetahui kendala yang dialami tablet mito T720 ini. Namun untuk kalian yang belum mempunyai power supply, kalian dapat mengikuti beberapa cara dibawah ini untuk melakukan penganalisaan awal serta perbaikan lanjutan terhadap unit tablet ini

1. Tembak Baterai Tablet

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi permasalahan mati total tidak bisa cas pada tablet mito T720 adalah dengan cara melakukan penembakan arus baterai, berhubung baterai yang digunakan di tablet ini adalah baterai removable maka cara penembakan baterai yang cukup efisien, kalian bisa menggunakan desktop (charger kodok)

Analisa dan Mengatasi Tablet Mito T720 Mati Total Tidak Bisa di Cas (Charger)

Kenapa penembakan baterai perlu dilakukan? sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika besar kapasitas baterai tablet mempunyai kapasitas daya isi yang cukup besar sehingga jika keadaan baterai tersebut benar-benar kosong, maka jika langsung dilakukan pengecasan melakukan charger biasa, dari kebanyakan kasus yang terjadi tablet tersebut tidak akan merespon apapun, kecuali jika memang kalian mempunyai unit charger yang mempunyai ampere besar sehingga bisa langsung mengangkat performa baterai tersebut.

2. Lakukan Pengecekkan Pada Konektor Charger

Langkah kedua setelah kalian melakukan penembakan arus baterai, ditahap selanjutnya kalian coba lakukan pemeriksaan pada mesin terutama untuk bagian konektor charger terlebih dahulu, kebanyakan kasus yang sudah saya selesaikan terkait unit tablet yang di perkirakan mati total, ternyata permasalahannya hanya terdapat pada komponen ini.

Bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa kebanyakan unit tablet yang beredar dipasaran untuk jenis konektor charger yang digunakan adalah jenis konektor cas universal (seperti konekstor china) dan menurut penilaian saya sendiri untuk konektor cas di tablet sering mengalami putus jalur, solderan pin sudah tidak menempel dengan baik pada jalur pcb atau bahkan mengalami tingkat korosi yang cukup parah.

Analisa dan Mengatasi Tablet Mito T720 Mati Total Tidak Bisa di Cas (Charger)

Untuk kasus ringan seperti ini, kalian hanya perlu melakukan pembersihan korosi serta melakukan penyolderan ulang pada kaki atau pin konektor. Selain melakukan penyolderan ulang, langkah pasti yang menurut saya perlu kalian ambil adalah dengan cara melakukan penggantan konektor charger tersebut, kasus yang saya jelaskan ini tepat seperti pada keterangan gambar sayng sertakan diatas.

Untuk kasus yang saya tangani seperti pada artikel ini, sampai tahap ini permasalahan sudah bisa teratasi dengan baik, dan setelah saya coba dilakukan pengecasan maka tablet mito T720 ini sudah memberikan respon yang baik dan tabletpun sudah bisa menyala dengan normal. Baca juga artikel tentang analisa dan cara mengatasi samsung galaxy V plus mati total full short (Konslet) akibat aharger/pengecasan

Apabila dua (2) cara diatas tidak bisa memberikan jalan keluar untuk unit yang sedang kalian tangani, maka ada beberapa cara lanjutan yang bisa kalian ikuti, berikut ini adalah beberapa point penting yang hanya bisa sedikit saya jelaskan, namun menurut pengalaman yang saya alami point berikut ini adalah penyelesaian yang sudah sering done di unit tablet terutama untuk tablet mito T720

Tahap Analisa Lanjutan

Sesuai dengan penjelasan diatas, cara lanjutan ini bisa kalian ikuti apabila kedua cara diatas sudah kalian lakukan namun tidak membuahkan hasil sama sekali. Sebelum perlu saya tekankan bahwa cara kedua ini membutuhkan sedikit konsentrasi lebih dalam melakukan pengambilan keputusan dalam mengeksekusi suatu komponen yang terdapat pada mesin tablet, hal ini dilakukan agar pekerjaan kalian tidak menimbulkan dampak yang lebih rusak pada mesin tersebut.

1. Lakukan Pengecekan Tegangan di Power Supply

Kita kembali ke basic, dimana untuk ukuran seorang teknisi ponsel sudah seharusnya kita mempunyai alat yang satu ini, dimana psu (power supply) ini merupakan suatu alat yang difungsikan untuk mengukur suatu tegangan mesin elektronik dengan pengukuran nilai yang sudah ditentukan. Secara bahasa umumnya power supply ini bisa dikatakan sebagai alat untuk mengetahui apakah suatu mesin elektronik seperti ponsel, laptop tersebut masih memberikan respon (menyala) atau memsin tersebut sudah mati (tidak memberikan respon apapun) pada alat power supply tersebut.

Untuk mengetahui indikasi kerusakan yang terjadi pada mesin tersebut, tentunya kita harus memamhami jenis nilai yang dihasilkan atau istilah yang sering kita gunakan adalah nilai gantung ampere yang dihasilkan jarum pada power supply, dengan mengetahui arti dari nilai gantung tersebut tentunya akan memudahkan kita untuk berfokus pada suatu area yang akan kita eksekusi. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait nilai tegagangan ampere di powersupply kalian bisa membaca artikel penjelasan dan pengertian nilai gantung ampere pada power supply.

2. Lakukan Pengecekan Komponen

Langkah selanjutnya setelah kalian mengetahui hasil nilai tegangan yang dihasilkan di power supply adalah melakukan pengecekan pada komponen-komponen yang terdapat pada area yanng kita vonis sebagai tersangkanya. Contohnya, apabila nilai hasil pengukuran menunjukkan full short (konslet) maka hal dasar yang perlu kalian lakukan adalah dengan melakukan pengecekan komponen-komponen  kapasitor, dioda dan sejenisnya. Apabila sudah mendapatkan komponen yang bermasalah maka kalian bisa mencopot atau mengganti komponen yang mengalami konslet tersebut.

Namun yang terjadi dalam kasus nyata, kasus seperti ini biasanya akan mengarah pada masalah konslet kecil. Hal ini menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi pada mesin tersebut biasanya terdapat di area IC. Untuk mengatasi kasus ic, sampai saat ini belum ada istilah repair ic kecuali untuk ic emmc atau ic ufs, itu juga dengan kondisi dan syarat tertentu. 

Pada umumnya jika terjadi kerusakan pada bagian IC, sudah sepatutnya kita harus mengganti ic tersebut dengan ic yang baru, dan harus kalian perhatikan bahwa dalam penggantian ic tersebut kalian harus memperhatikan jenis dan tipe ic yang akan digunakan, jangan sampai melakukan penggantian ic tanpa aturan baku yang sudah tersirat dengan jelas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel